Drafter

Drafter

Senin, 01 Juli 2013

macam macam gaya bangunan



Gaya Minimalis
Para arsitek menimbang gaya Minimalis yang saat ini sedang marak, berakar dari Arsitektur modern, dan international style. Minimalisme awalnya  juga merupakan sebuah gerakan ide yang kemudian lahir dalam banyak karya seni. Konon,bangunan mulai dirasakannya sebagai minimalis ditenggarai dengan lahirnya karya  bangunan pameran, German Pavillion, Barcelona dari Ludwig Mies van der Rohe.
Para peneliti arsitektur menangkap ciri-cirinya:
1. Bentuk denah kotak
 2. Bentuk bangunan kubus
 3. Deret jendela terbentang horizon kotak-kotak
 4. Semua sudut fasad adalah 90 derajat.
 5. Matrial sturktur fabrikasi, kaca, dan  beton.
Prinsip ciri  bangunan minimalis :
- ada ketegasan garis horizon dan vertikal, sehingga pada awalnya, atap desain minialis sebetulnya cenderung atap datar.
 - ada komposisi bidang persegi yang elegan. Gabungan komposisi tepat antara bentuk jendela, bidang dinding dan tiang. Tidak ada ornamen seni, penataan komposisi bagian-bagian bangunan sudah cukup merupakan seni.
- Penanganan yang rapi.
- Prinsip keterbukaan yang masih dibawa dari karakter modern, teraplikasi pada ruang-ruang terbuka, ada kesinambungan visual dengan banyaknya bahan kaca atau jendela yang lebar.
-  unsur cahaya dalam ruang sangat terasa.
                minimalis memang memberi kesan sederhana dan manis pada hunian Anda. Kebutuhan hunian yang aman, nyaman, dan praktis pasti menjadi dambaan. Dengan segudang aktifitas diluar rumah yang kian padat sehingga waktu berkumpul bersama keluargapun terasa berkurang. Di era seperti ini, minimalis seringkali menjadi pilihan untuk kenyamanan keluarga. Adapun rumah dengan gaya minimalis muncul karena hadirnya gaya rumah modern dengan pengembangan yang lebih simple terutama pada bagian interiornya. Hal ini pula seolah merefleksikan gaya hidup masa kini yang cenderung praktis dan cepat.
Berikut adalah ciri-ciri fisik bangunan rumah minimalis :
Adanya konstruksi garis lurus dengan bidang datar
Setiap ada pertemuan bidang, maka akan terlihat serba siku-tegak lurus
Kontruksi untuk volumenya, berbentuk metrik
Terdapat perulangan modul
Sirkulasi udara dan cahaya ringkas
Bentuk ruang yang multifungsi dan berurut
Serta sistem strukurnya jelas dan rapi
Konsep desain rumah minimalis bertujuan meningkatkan nilai suatu ruang keseluruhan (eksterior dan interior) dengan mengurangi segala sesuatu yang berlebihan di dalam ruang tersebut. Filosofi minimalis mewakili gaya hidup yang praktis, dinamis, ringkas, efektif dan efisien, yang diterapkan dalam semua aspek kehidupan termasuk arsitektur bangunan, interior ruang dan eksterior taman.
Ruang menjadi terasa lega (hampa, keabadian, suasana meditatif) sesuai kebutuhan utama penghuni, mengoptimalkan sirkulasi udara segar yang sehat, dan pencahayaan sinar matahari yang melimpah (kaya warna).
Desain rumah minimalis menghilangkan kejenuhan terhadap pemakaian banyak ornamen dekoratif, pernik-pernik aksesori. Karakter dan kualitas ruang-ruang yang tercipta ditentukan oleh keberadaan ruang itu sendiri, bukan oleh perabot dan pernik-pernik aksesori di dalamnya.
Minimalis adalah terjemahan sebuah gaya dan pola kehidupan masa sekarang yang serba cepat, simpel dan instan, tetapi mengutamakan kualitas. Sedangkan minimalisme merupakan pengejawantahan tatanan kehidupan,pola pikir dan idealisme modern.
Pemakaian bahan-bahan sederhana (unsur sederhana yang kuat) bukan kemewahan dengan material mahal dan material alam (unsur keselarasan dengan alam). Ekspos dominasi bahan material (lunak dan keras) tertentu akan menghasilkan efek yang berbeda-beda.
Desain dan perhitungan struktur yang detail dapat menghemat pemakaian bahan material dengan hasil bangunan rumah dan taman tetap optimal tampil artistik.
Pemilihan desain rumah minimalis, entah itu fasad bangunan, komposisi ruangan, interior dan eksterior tak dipungkiri menjadi bagian keseharian sekaligus cermin gaya hidup masa kini. Semakin spesifik pilihan desain, semakin tergambar jelas bagaimana karakter pemilikrumah.
Sejalan dengan gaya hidup masyarakat yang dinamis, tren gaya yang lebih mementingkan unsur kebersihan menjadi pemicu model bangunan lebih mengarah pada gaya minimalis, lebih tepatnya disebut minimalis modern. Sesuai dengan gaya hidup masyarakat yang kian dinamis, tren gaya hunian saat ini lebih mengutamakan pada fungsi dengan corak yang cenderung polos.


CIRI UTAMA FASAD BANGUNAN RUMAH MINIMALIS
Fasad bangunan rumah minimalis didesain dengan pola kotak-kotak persegi panjang dan garis-garis vertikal, seperti terlihat pada bukaan jendela dan ventilasi udara. Sebagian dinding yang dihiasi dengan batu alam kotak-kotak persegi panjang dengan warna yang mencolok.Desain rumah minimalis mampu menampilkan fasad bangunan yang elegan dan berkelas walaupun hanya dengan penyelesaian akhir yang sederhana.
Tampak fasad bangunan dalam desain rumah minimalis lebih dominan berbentuk kotak dengan permukaan bidang yang datar, dan menghindari lekukan dan tonjolan yang melengkung. Finishing warna tampil dengan warna abu-abu yang sempurna. Secara umum gaya arsitektur minimalis di Indonesia adalah minimalis tropis, yaitu dengan ciri adanya teras dan bukaan lebar, karena arsitektur bergaya minimalis yang murni tidak mengenal adanya teras.
Gaya rumah minimalis yang saat ini berkembang pesat memiliki kekhasan tersendiri dalam tampilan fasad bangunannya. Seringkali rumah-rumah minimalis menggunakan bebatuan, permainan unsur garis dan bidang, serta pewarnaan yang cenderung lebih berani daripada gaya arsitektur mediterania maupun klasik.
Contoh gambar rumah minimalis
Arsitektur Tropis
Arsitektur/Rumah Tropis selalu berpijak pada nilai kenyamanan yang didapat dari keberhasilan pengolahan arsitektural terhadap iklim tropis. Merencanakan rumah tinggal di zona tropis berarti mencari solusi dari kendala yang disebabkan oleh iklim tropis. Kelembaban udara, panas sinar matahari, curah hujan yang tinggi semuanya bisa disiasati. Dengan memaksimalkan potensi alam yang dikombinasikan-tentu dengan kreatifitas dan desain yang tepat, maka hunian akan terasa nyaman.
Paduan Arsitektur Tropis dengan Minimalist/Kontemporer
Selain aspek Iklim, Arsitektur tropis juga dipengaruhi oleh Arsitektur modern (Minimalis/Kontemporer). Pengaruh Arsitektur ini terlihat pada paduan massa, ragam ornamen serta tekstur penggunaan material. Bentuk  Geometris dan modifikasi atap miring dengan teras dan teritisan yang lebar menjadi ciri khas gaya Arsitektur ini.
Hanya beberapa Contoh Karya Desain yang Kami tampilkan disini. Contoh Desain yang ditampilkan hanya untuk menjelaskan ciri gaya atau style model Rumah tinggal yang sedang trend saat ini. Kami sangat senang sekali jika bisa berkomunikasi/berkonsultasi langsung dengan anda yang membutuhkan sebuah Team Perencana untuk Rumah tinggalnya.
Hunian dengan konsep tropis merupakan seni arsitektur yang cocok dihadirkan di daerah tropis. Gaya ini mampu menghalau iklim dimana bumi mendapatkan cahaya matahari yang melimpah, kelembaban udara yang cukup tinggi dan curah hujan yang tinggi pula.
Sehingga, desain rumah dengan gaya tropis pas sekali untuk diterapkan bagi Anda yang berada di daerah tropis, seperti Indonesia. Nah, jika Anda berniat menghadirkan nuansa tropis pada hunian, Anda bisa perhatikan beberapa hal yang menjadi prinsip dari rumah tropis, yaitu:
Menggunakan material bangunan yang alami yang tampak ringan, seperti batu alam, batu bata ekspos atau kayu.
Menggunakanjenis kayu yang tahan terhadap rayap, jamur dan pelapukan dengan hati-hati. Anda juga dapat memberikan lapisan cat khusus untuk material kayu.   
Menggunakangenteng yang mempunyai alur dan kedalaman lurus sehingga air lebih cepat mengalir dan tidak menggenang.
Warna-warna yang diaplikasikan memiliki tone cerah dan tampak alami seperti hijau, oranye, kuning, krem, dan coklat.
Bukaan yang banyak, untuk mengatasi permasalahan suhu ruangan yang harus sesuai dengan yang dibutuhkan, selain sebagai sirkulasi udara. Dapat berupa jendela-jendela yang besar, pintu-pintu yang lebar ataupun meletakkan sedikit taman terbuka di dalam rumah.   
Suhu udara yang tinggi dapat pula dinetralisir dengan memasukkan unsur air ke dalam rumah, seperti adanya kolam atau air mancur mini.   
Pemanfaatan sinar matahari di siang hari sebagai sumber cahaya utama, dengan pengaplikasian skylight atau lubang bukaan cahata pada bagian atas maupun dinding bagian atas. Alternatif lainnya adalah pemakaian glassblock atau kaca patri.   
Permainan fasade bangunan untuk mengatur arah jatuhnya sinar matahari, terutama di sore dan pagi hari dimana sudut jatuh sinar matahari kecil.   


Arsitektur Etnik
Arsitektur etnik kadang disebut pula dengan arsitektur lokal. Pengertian dari arsitektur etnik ialah bentuk dan ragam arsitektur yang terbentuk dari ketersediaan bahan material serta kondisi alam dari daerah yang bersangkutan.  Ragam bentuk arsitektur tentunya berbeda dari satu lokasi dengan lokasi lainnya dan perbedaan arsitektur ini pun tidak lepas dari bentuk filosofi , budaya, kepercayaan yang dianut yang muncul da mengakar dalam ragam sentuhan simbol atau citra khas daerah tertentu.  Arsitektur etnik sangat kental dengan makna, simbol, serta pemahaman masyarakatnya yang khas terhadap alam, bahan dan material yang ada disekitarnya.
Rumah Etnit Betawi
Jenis dan ciri arsitektur etnik sangat bergantung pada pemahaman masyarakat terhadap alam dan kepercaaan yang dianutnya. Ciri khas rumah panggung misalnya, memiliki kesadaran dan penghargaan yang tinggi, jujur dan wajar terhadap kondisi alam sekitarnya. Selain itu, rumah panggung memiliki makna melindungi secara wajar penghuni rumah dari bahaya binatang buas, banjir dan tahan terhadap bahaya  gempa bumi.
Jika Anda memutuskan untuk memakai arsitektur etnik ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini:
 Filosofi budaya. Tentukan lebih dulu filosofi budaya dari daerah mana yang nantinya akan diterapkan pada bangunan.  Budaya Bali misalnya, lebih egaliter, lebih bebas berekspresi dalam langgam, corak dan warna dibandingkan dengan budaya Jawa.
Tata ruang dan bentuk bangunan. Tata ruang bangunan etnik  umumnya banyak didasari pada falsafah dan keyakinan tertentu. Falsafah Jawa misalnya, mengatur tata letak ruang dengan mengikuti buku primbon. Mulai dari pendopo hingga kamar-kamar.
Elemen-elemen pengisi ruang. Hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan elemen pengisi ruang adalah perpaduan unsur etnik, keserasian tampak, dan suasana yang tercipta. Paduan corak, tekstur, warna serta ramainya langgam atau ukiran biasanya akan menjadi dasar yang utama saat mimilih unsur etnik yang akan diangkat.  

Gaya arsitektur Mediterania  adalah suatu gaya utuh dengan unsur-unsur pembentuk yang berdesain tertentu. Ketika kita mendengar gaya arsitektur mediterania, maka bayangan tentang bangunannya mungkin akan sama, yaitu bangunan dengan gaya berciri khas lengkung, dan berpilar.
Gaya Mediterania adalah gaya arsitektur yang hangat, nyaman, memiliki ciri dekoratif, dan harmonis. Gaya ini hangat karena kebanyakan warna-warna yang digunakan adalah warna seperti warna pastel, terakota, serta kuning dan oranye. Selain itu, warna-warna yang juga menjadi warna khas desain mediterania  adalah warna batunseperti,coklat,krem,putih ,dan abu-abu.


Warna-warna pada desain rumah mediterania muncul secara berani sebagai akibat efek pantulan sinar matahari yang memungkinkan warna-warna tersebut tampil cemerlang.Sehingga rumah yang didesain menggunakan gaya mediterania akan terlihat cerah. Jika Anda tertarik untuk menampilkan suasana hangat yang nyaman sekaligus menarik, konsep mediterania dapat Anda adopsi ke dalam hunian Anda.
Desain fasade rumah Anda menggunakan gaya mediterania dengan mengaplikasikan paduan warna terakota, krem, dan putih. Kombinasi warna-warna tersebut akan memunculkan kesan selaras yang nyaman. Rumah pun tampil dengan nuansa serta suasana yang enak dipandang. Untuk mengaplikasikannya, Anda bisa memilih warna krem sebagai warna utama yang mendominasi fasade rumah mediterania Anda.
Aplikasikan paduan warna krem pada seluruh sisi dinding fasade untuk menciptakan kesan kehangatan yang lembut dan memberi sentuhan ketenangan bagi siapa saja yang melihat rumah Anda. Krem akan tampak dinamis saat dipadu dengan warna putih pada kusen-kusen, jendela, pintu, dan lis profil. Sedangkan, untuk warna terakota sebaiknya Anda terapkan pada bagian atap. Agar kesan mediterania terasa kental, ada baiknya Anda desain pintu dan jendela dengan bentuk segi empat yang di atasnya diberi lengkungan dan angin-angin yang lebar.
ELEMEN-ELEMEN GAYA ARSITEKTUR MEDITERANIA
Kolom 
Spanyol, dengan mixed-history-nya, memilki sejumlah bentuk kolom dan penyangga (pier). Kolom pendukung yang sering digunakan adalah kolom yang terbuat dari batubata, sebagai bagian dari kolonade biasanya mengelilingi patio, kolom satu dengan yang lain dihubungkan dengan balok berbentuk semi sirkular (arches) dilengkapi dengan mahkota dan alas kolom sederhana.

Atap
Bangunan yang berarsitektur Mediterania menggunalan atap miring. Kuda-kuda kayu dengan penutup genteng "mission" yang berwarna merah digunakan saat gaya arsitektur ini berkembang di daerah California.
Bentuk atap yang biasa digunakan adalah bentuk atap pelana, meskipun disana-sini ditemukan bentuk atap perisai. Dan kebanyakan bangunan menggunakan tritisan yang dalam (deep eaves). Genteng yang menutup bagian atas listplank masih menyisakan listplank dibagian bawahnya.

Dinding
Bahan dinding yang menjadi ciri khas bangunan Mediterania adalah tanah liat yang dibakar (adobe), yang tiap kali disegarkan kembali dengan dicampur cat kapur (whitewasher). Di Amerika dinding batubata yang dibakar merupakan bahan bangunan pilihan dan penggunaan batu alam lebih banyak dipakai (terutama Mexico, Texas, California, dan juga New York).
Penggunaan bahan-bahan alam diselesaikan tanpa finishing. Apabila dinding tersebut diselesaikan, maka plesteran dibuat tidak rata sehingga menimbulkan karakter tekstur yang kasar. Karakter dinding yang berat hadir dengan adanya konstruksi dinding tebal.
Pada awalnya bangunan bergaya arsitektur Mediterania, memiliki citra polos dan sederhana. Ada yang menyebut bangunan asal Spanyol ini berwajah bleak and blare, kemudian terpengaruh warna-warna cerah Karibia. Kesan hangat bahkan panas akhirnya dihadirkan pula pada dinding bangunan dengan gaya arsitektur Mediterania ini. Permainan warna menghadirkan perbedaan pada rumah kalangan atas (yang cenderung memilih warna-warna pastel) dan kalangan bawah (yang lebih berani bermain-main dengan komposisi warna).

Jendela
Jendela-jendela biasanya berukuran relatif kecil dan berbentuk persegi panjang atau kotak-kotak kecil. Kadang-kadang dengan ujung bagian atas berbentuk lengkungan. Jendela biasanya dilengkapi dengan kisi-kisi yang terbuat dari kayu atau besi tempa. Angin-angin yang berbentuk lingkaran banyak juga menjadi bagian dari penampilan wajah bangunan berarsitektur Mediterania. Lubang pada dinding untuk keperluan jendela biasanya berupa bukaan relatif lebar, dihadirkan kotak-kotak persegi kecil sebagai pembagi. Angin-angin yang berbentuk lingkaran sering digunakan sebagai penghawaan pada atap dipasang pada bagian geuvel dekat dengan ujung atap bagian atas.

Pintu Masuk Utama
pintu masuk utama (doorway) memiliki bentukan terutama karena pengaruh-pengaruh Bizantium, Spanish Gotthic dan bentuk pintu masuk yang paling sering digunakan adalah bentuk Spanish Renaissance. Perkembangan selanjutnya menunjukkan bahwa pintu masuk utama berbentuk persegi empat biasa dengan angin-angin berbentuk semi-sirkular atau persegi empat. Pertemuan natar dinding dengan kusen, atau bagian akhir dari dinding yang bertemu dengan kusen, merupakan penebalan dari dinding sekeliling batasara dinding dengan kusen. Bentuk penebalan ini seperti sebuah bingkai pada lukisan. Bingkai atau frame pada lubang pintu ini tidak hanya pada pintu masuk utama saja, tetapi berlaku untuk semua pintu dan bahkan jendela.

Balkon 
Balkon tipe continous biasanya ditemukan pada bagian patios atau courts, balkon ini biasanya digunakan untuk koridor terbuka yang menghubungkan dua sayap bangunan.

Contoh rumah mediteranian


Interior Rumah Gaya Oriental
Beragam gaya dipergunakan para desainer untuk menata interior rumah, mulai gaya minimalis, kontemporer, sampai modern. Namun, yang nyaris tak pernah lekang dimakan zaman adalah gaya oriental.

Rumah idaman tentunya nyaman, damai, serta asri dan interiornya juga selalu update yang tidak luntur dimakan zaman. Di antara beragam interior rumah yang sekarang masih tetap awet dan selalu banyak digunakan orang ialah gaya interior oriental.

Gaya unik yang selalu menjadi ciri khas oriental interior selalu dijadikan inspirasi banyak orang untuk mempercantik rumah tinggal. Gaya oriental ini sebenarnya merupakan perkembangan dari budaya timur, seperti Jepang, Cina, Korea, hingga ke budaya timur lainnya.

Konsep oriental mudah di desain, baik di dalam maupun di luar rumah, sehingga mirip dengan arsitektur bangunan yang sesungguhnya sampai detailnya. Seperti atap rumah, taman, dinding lengkap dengan pernak-pernik lainnya, misalnya furnitur, lukisan, maupun ornamen lainnya.

"Interior oriental ini mudah diaplikasikan di semua sudut ruang sehingga menjadikan rumah terlihat nyaman," ungkap Dwi D Noviantoro, dari Orange Design.

Menurutnya, gaya oriental mungkin saja memiliki ornamen berbeda, tapi akarnya masih tetap mirip. Karakter oriental bisa diamati dari bentuk dasar (vernacular) bangunan. Hanya saja, untuk oriental Jepang, tentunya lebih simpel dibandingkan dengan Cina dan Korea.

Dituturkannya, di Indonesia, interior oriental Cina sangat jarang yang mengadopsi secara utuh karena lebih banyak memfokuskan rumah gaya modern.

Kelebihan dari sentuhan interior oriental memberikan kesan elegan pada ruangan serta keindahan dan kesederhanaan dekorasinya mampu meringankan kesan berat.

Kesan yang nyaman pada rumah bernuansa oriental, yang diterapkan pada rumah bernuansa modern maupun kontemporer, mampu memberi sentuhan kecantikan.

Selain itu, banyaknya pilihan yang beragam dapat disesuaikan dengan ukuran rumah. Kesan oriental bisa juga muncul melalui pengaturan motif lantai dinding maupun tirai yang menjadi penyekat yang sering digunakan pada rumah modern. (PL/R-2)

Bermain dengan Warna Membumi
Rumah keluarga yang menyenangkan akan menjadi idaman bagi semua orang. Kesan nyaman, perasaan dingin, dan eksotis akan menambah pesona dari ruangan modern.

Interior oriental menjadi solusi yang ditawarkan untuk membentuk ruang keluarga yang nyaman dengan furnitur antik dan berwarna-warni menambah kesan kemewahan, tetapi tentunya untuk meninggalkan kesan yang hebat dan tidak berlebihan.

Agar ruang selalu terlihat hidup, perlu ditambahkan warna oriental yang menyoroti gaya spesifik dari bahan modern seperti sutra, giok porselen, dan gading.

Gaya oriental pada ruang keluarga tentunya tidak akan tenggelam oleh perkembangan tren dalam bidang arsitektur. Tentunya gaya oriental, khususnya yang bernuansa Cina warna terang, selalu menjadi dominasi, seperti merah, biru, kuning, atau emas dan paduan ini selalu diaplikasikan dengan cat pada dinding maupun aksesorinya.

Berikut ini tips untuk merancang desain oriental modern, yaitu pilih warna untuk dinding dari gading, mebel berwarna gelap seperti rosewood. Warna hijau dan biru juga akan terlihat indah karena kesan warna biru untuk mengimbangi warna lembut. Tambahan ormanen bergaya oriental akan semakin nyaman.

Untuk memberi nuansa teduh yang membuat penghuni menjadi rileks, Anda dapat memilih warna biru untuk mendesain ruang keluarga oriental Anda. Warna ini bisa Anda kombinasikan dengan warna-warna yang membumi, yaitu cokelat sehingga muncul suasana keakraban yang hangat bagi Anda serta keluarga saat menikmati kebersamaan di dalamnya. Paduan warna biru dan warna cokelat dapat Anda terapkan pada bagian dinding.

Untuk warna cokelat, bisa kembali Anda aplikasikan pada bagian lantai, furnitur sofa etnik, storage, dan ukiran kayu yang ditempel di dinding. Selanjutnya, buat nuansa oriental Cina kental terasa di ruang keluarga Anda dengan menghadirkan pajangan berupa guci-guci khas Tionghoa dengan corak biru putih bermotif naga.

Agar bisa mengadopsi desain oriental Cina, Anda tak harus menghadirkan banyak ornamen dengan warna-warna terang karena dengan mengurangi sedikit saja sudah cukup mewakili dan ruangan pun akan tetap memberi rasa nyaman. 



4 komentar:

  1. Terima kasih penjelasannya, saya jadi banyak tahu tentang jenis arsitektur rumah,,

    BalasHapus
  2. Terima kasih informasinya sangat bermanfaat untuk mendesain elemen-elemen bangunan rumah sesuai gaya arsitekturnya.

    Kunjungi juga http://id.wondroushouse.net/ yang berisi informasi tentang desain rumah yang menakjubkan dari berbagai negara untuk menambah referensi ketika ingin mendesain rumah.

    Follow juga ig kami di wondroushouse.id

    Terima kasih, semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  3. terimakasih informasinya bos mantabs

    BalasHapus
  4. Bisa dijadikan referensi untuk membangun rumah, terima kasih

    Kunjungi juga Harga Epoxy Lantai

    BalasHapus