Drafter

Drafter

Selasa, 22 Oktober 2013

AutoCAD Isometric Text dan Dimension

Saya mendapat pertanyaan terkait dengan posting saya tentang menggambar 2D isometrik. OK, sekarang sudah bisa membuat garis isometrik dengan mudah. Lalu bagaimana dengan isometric text dan dimension? Tidak ada cara yang langsung untuk mendapatkannya. Di sini kita harus menggunakan sedikit trick

Efek yang ingin diperoleh adalah seperti gambar ini.

Satu-satunya cara, jika anda menggunakan AutoCAD standard (vanilla AutoCAD) adalah membuat dua text style dengan oblique angle 30 dan -30 derajat. Default dari isometrik drawing di AutoCAD adalah 30 derajat, kecuali anda sudah mengubahnya, kita akan menggunakan dua sudut ini.
Saat anda mengetikkan teks, berikan angle 30 atau -30 derajat. Anda mungkin harus melakukan sedikit trial and error untuk kemiringan sudut ini, dan style mana yang harus anda pakai.
Untuk dimension, anda juga harus membuat 2 dimension styles. Satu menggunakan teks dengan oblique angle 30 dan satunya -30 derajat. Pastikan pada dimension style, text alignment dipilih aligned with dimension line.
Buatlah dimension dengan menggunakan aligned dimension. Setelah itu anda harus mengeditnya dengan mengetikkan DIMEDIT pada command line. Tekan [enter], pilihlah Oblique. Berikan sudut 30 derajat (atau -30 derajat). Sekali lagi, mungkin anda butuh beberapa kali trial and error sebelum hafal mana style dan sudut yang anda butuhkan untuk garis isometrik anda.
Mudah-mudahan penjabaran saya cukup jelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar