Drafter

Drafter

Kamis, 04 Juli 2013

beberapa aspek dalam bangunan


Beberapa aspek dalam bangunan ini :
1.       Cat
Pada  segi pengecatan, pada bangunan ini digunakan 3 varian warna pada bidang dindingnya yaitu warna abu muda sebagai warna pokok dari bangunan, warna hijau army sebagai warna aksen dari bangunan dan warna merah sebagai vocal point dari bangunan itu sendiri.
Dengan pencampuran ketiga warna cat dinding tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesan estetis bangunan dan menghindari kesan monoton dari bangunan itu sendiri.
Selain pada material dinding bangunan, pada bagian kusebn bangunan diberikan warna coklat kehitaman sebagai warna standard dari kusen yang selaras dengan warna pokok bangunan itu sendiri.
2.       Batu Alam
Pada bangunan tersebut, batu alam diterapkan pada bagian balok tiang bangunan dengan tekstur garis horizontal yang mendukung kesan minimalis pada bangunan, serta juga memberikan kesan alami pada bangunan dengan aksen berwarna abu muda.
3.       Benteng dan Pagar
Pada bangunan tersebut, terdapat pagar besi yang dibuat berjejer secara vertikal dengan jarak tertentu dengan benteng bangunan setinggi 1,5m. Pada bagian pinggir bangunan digunakan benteng dinding pasangan ½ bata dan di bagian depan bangunan terdapat pilar yang mengacu pada bentuk persegi yang mendukung gaya pada bangunan tersebut dengan pewarnaan yang sesuai dengan bangunan dan disertai adanya celah yang diisi dengan pagar untuk mendapatkan akses terbatas dengan bagian di depan bangunan itu sendiri.
4.       Atap
Atap yang digunakan yaitu atap plana yang ditujukan untuk melindungi badan inti bangunan dari cuaca secara langsung. Dibagian belakang bangunan juga digunakan atap plana.
5.       Pintu
Pada tampak muka dapat terlihat pintu ganda tanpa jendela dan pintu jendela tepatnya pada akses ruangan dapur secara langsung lebar keduanya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing dengan bahan dari kayu yang berkesan alami ditambah dengan adanya penambahan kaca buram pada masing masing daun pintu untuk memberikan pencahayaan secara non transparan.
6.       Jendela
Pada segi penempatan jendela dapat dilihat pada bagian depan bangunan, jendela yang digunakan yaitu jendela yang mendukung gaya minimalis pada bangunan, pelindung bagian jendela dan juga sebagai pendukung dari gaya minimalis yang syarat akan bidang yang membentuk garis vertikal dan horizontal tanpa melupakan fungsi dari bagian bangunan itu sendiri.
7.       Besi  horizontal
Dengan adanya besi horizontal, pada bagian muka bangunan dibawah plafond, bangunan akan mendapat efek aksen garis yang mendukung tercapainya konsep minimalis disertai adanya pengatur cahaya pada bagian depan meski tidak sepenuhnya tertutupi, cahaya matahari tidak akan sepenuhnya bagian bukaan dari pintu dan tampak bangunan untuk akses ke ruang tamu secara langsung.
8.       Taman
Taman pada bagian bangunan tersebut mayoritas ditanami oleh rumput dan sebagian dipakai untuk membuat pijakan bagi akses ke depan teras bangunan yang mempunyai elevasi yang berbeda.
9.       Carport
Pada bagian carport, sebagai media untuk menyimpan kendaraan terdapat lahan yang cukup luas dengan dimensi  3m x 8m yang memungkinkan penghuni bangunan memarkirkan lebih dari satu kendaraan secara bersamaan dengan material rabat beton dan adanya penambahan motif persegi panjang dengan adanya paving block yang disusun sedemikian rupa.
10.   Plafond
Pada bagian plafon bangunan tersebut terdapat dua macam penerapan plafon pada bagian bangunan tersebut yaitu plafond datar dan plafon miring, plafond datar digunakan pada bagian teras bangunan depan dan belakang serta teritis bagian belakang dan plafond miring digunakan pada teritis bangunan pada bagian depan untuk menyesuaikan gaya pada atap yang digunakan pada bagian muka bangunan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar